Jumat, 11 Desember 2015

REVOLUSI MENTAL

Jargon "Revolusi Mental" sering kita dengar di kampanye Presiden Jokowi sebelum beliau ngejabat sampe sekarang ini. Tujuanya merujuk ke perubahan how we thing, how we see and how we working on something. Tapi kebanyakan dari kita cuma nunggu perubahan dateng kayak magic tanpa tergerak buat jadi agen perubahan itu sendiri.

DEFINING THE 'REVOLUSI MENTAL'


Dari pengertiannya aja, revolusi berkaitan sama perubahan yang dilakukan secara massive dalam watu singkat buat ngegantiin kebiasaan yang udah kebentuk lama. REVOLUSI NGGAK CUMA TERBATAS DI PERUBAHAN BESAR KAYAK KEBIJAKAN NEGARA ATAU YANG BER-IMPACT SAMA ORANG BANYAK AJA, TAPI JUGA REVOLUSI MENTAL YANG BERLAKU BUAT KITA, AS A PERSON, BUAT NGUBAH KEBIASAAN - KEBIASAAN LAMA YANG NGGAK BAGUS. Psikologi as Amerika Serikat, Dollard & Miller pernah bilang kalo perilaku manusia kebangun karena faktor kebiasaan, yang terbentuk karena same activities yang dilakukan secara terus - menerus, walau kadang bagus atau nggaknya slightly nggak kita sadarin.

Misalnya kayak kebiasaan bangun pagi yang udah otomatis kebentuk karena harus pergi sekolah, atau sekedar kebiasaan nge-share status - status di socmed yang sebenernya pribadi banget dan nggak perlu orang lain ta. Kita baru sadar dampak bagus atau nggaknya begitu ada impact langsung yang kita rasain setelahnya. Niat buat ngubah kebiasaan baru. Nah, pola ini yang sebenernya harus diubah dari sekarang. Because every new journey, begin with one step.

WHY WE NEED IT

"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia." - Soekarno

REVOLUTION GIVES US AN INSANE SUPPLY OF ENERGY! BUKAN CUMA DARI SEGI UMUR YANG MASIH MUDA, TAPI AS A TEENANGER POLA PIKIR KITA MASIH BISA DIBENTUK SAMA HAL - HAL BARU DAN SPONTAN.

Tenaga yang masih banyak, sampe semangat berapi-api bisa bikin perubahan berlangsung lebih cepat. Potensi ini yang harusnya nggak males buat kita kembangin buat mutus kebiasaan jelek. If a revolution can we try to make it happen? We can devote something greater yang nantinya nggak cuma ngefek ke diri sendiri, tapi juga nularin perubahan positif ke orang lan.

I'TS ABOUT HOW WE THINK

BANYAK ORANG NGEDAPETIN INFORMASI CMA DARI SATU SISI AJA TANPA NGECEK ULANG AND THE WORST, IKUTAN NGESHARE LEWAT SOCMED.


Gampangnya nerima informasi apapun secara langsung dan instan sedikit banyak ngubah pola pikir dan kebiasaan kita. Apalagi dengan kemudahan gadget, internet, dan social media bikin segala info yang masuk sama sekali nggak terfilter, bahkan kita suka nggak tau kebenarannya valid atau nggak. Banyak orang yang dapetin info penting cuma dari satu sisi aja tanpa ngecek ulang, and the worst, ikutan nge-share lewat social media. Padahal, it could be a big mess. Mental 'misinformation' ini bisa diubah dengan cara Read, Reference, Repeat. Pola pikir kritis dan nggak langsung terima sebelum kroscek kebenarannya jadi cara yang gampang dan ngebiasain kita buat double checking informasi yang diterima supaya nggak jadi korban berita hoax melulu. As simple as nggak langsung ngeshare dan cek dulu faktanya udah ngubah cara kita berfikir jadi lebih kritis dan nggak asal terima.

IT'S ABOUT HOW WE SEE

Rasa nggak puas sama diri sendiri suka kita pupuk dengan berkaca dari orang lain yang keliatannya punya perfect life tanpa mikirin prosesnya.


Ngerasa nggak cukup cantik, nggak ngikutin tren, nggak punya banyak teman bikin kita jadi suka ngebandingin diri sama hidup orang lain dan ngerasa nggak happy begitu 'tuntutan' tersebut ngga tercapai.


Rasa unsatisfied itu sebenernya bisa diubah dengan be grateful of what we have now. Misalnya, kalo ngerasa minder karena nggak punya banyak temen, coba pikirin hal apa yang bisa ningkatin pede kita dengan nginget soal sahabat yang udah stay sama kita sampe sekarang. Intinya, ngubah pola pikir jadi lebih positif. Ngerevolusi mental emang nggak gampang, tapi bukan berarti susah dan nggak mungkin dicoba.


I'TS ABOUT HOW WE WORK ON SOMETHING


WE ALWAYS STUCK IN A COMFORT ZONE. KITA JADI NGGAK BISA BERKEMBANG DAN MALES BUAT NGELAKUIN HAL - HAL YANG SEBENERNYA WORTH TO TRY SUPAYA HIDUP NGGAK MONOTON, AND PUSH OURSELFT TO THE LIMIT.



Misalnya, di sekolah lagi ada perekrutan panitia pensi dan kita jadi salah satu yang ditunjuk. Tapi kita nolak dengan alesan nggak ngerasa mampu buat ngurusin acara sekolah sebesar itu. Deep down, kita suka ngerasa not capable enough, takut nyoba dan gagal, udah nolak duluan dan ngelewatin kesempatan buat ngeeskplor hal baru yang (who knows) jadi passion dan great zone kita selanjutnya. Padahal di usia kita, nyoba hal baru bisa jadi pengalaman ke step selanjutnya. Let's overcome our fears start from our mind. Kalopun gagal, it won't kill us anyway, malah jadi pelajaran berharga banget buat nyoba hal baru lainnya.

DO IT NOW OR NEVER


Ngerevolusi mental emang nggak seinstan superhero ganti kostum, tapi kalo kita udah sadar punya kebiasaan jelek yang harus diubah, what took up so long? Yakin aja sama diri sendiri kalo kita bisa ngubah kebiasaan, start from a simple thing.


     1. Make Plans, Reminder, and Taget

Menurut studi Universitas Maryland, bikin reminder buat ngelakuin perubahan terhadap kebiasaan buruk bisa mempermudah kita buat lebih disiplin. Bikin list kebiasaan yang mau diubah, dan mulai dari hal yang menurut kita gampang. Nentuin target juga bisa ngebantu kita buat tetep stick to the plan.

     2. Try the Substitution


Daripada menghapus, kebiasaan lebih cepat berubah kalo ada kegiatan penggantinya. Adaptasinya juga jadi lebih gampang dan tefokus. Misalnya kita selalu terlambat sekolah karena bangun siang, ganti kebiasaan ini dengan nyiapin sarapan sendiri sebelum berangkat. Jadi kita bakal lebih prepare sama kegiatan yang 'maksa' kita bangun lebih pagi.

     3. Surround Us with Positive Things


Revolusi menta juga bisa lebih cepet kalo lingkungan di sekitar kita ngedukung. Kalo kita pengen nyoba hidup sehat, mulai ganti kebiasaan ngeliat feed fast food di Instagram dengan follow akun yang nge-blast makanan sehat. Selain info yang kita dapat makin banyak, keinginan buat beralih dari kebiasaan baru juga lebih minim.


     4. Give Ourselves a Reward!


To make it more fun, kita boleh aja ngerencanain rewand buat ngasih apreasiasi atas revolusi yang udah kita lakuin ke diri sendiri. Treat ourselves to fancy place atau lakuin me time tanpa diganggu orang lain. Yang jelas reward ini bukan hal yang bikin usaha kita balik lagi ke nol. Asalkan ada niat dan kemauan buat berevolusi mental sendiri, we can be a better person.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar