Jumat, 04 Desember 2015

REVOLUTION FOR A CHANGE

Dalam beberapa kurun waktu terakhir ternyata ada beberapa revolutionary acts yang berpengaruh pada hidup kita. It's a positive thing that we need to embrace.
Apa aja itu?

DEFINING REVOLUTION

Mungkin sebagian dari kita masih belum gitu paham sama arti dan revolusi. To put it simple, revolusi itu suatu gerakan yang ngehasilin gebrakan, dengan tujuan terjadinya perubahan pada sistem maupun kebiasaan yang lama. Gerakan revolusi ada banyak macemnya, mulai dari Sumpah Pemuda, American Youth Movement pasca perang Vietnam, sampe ke bentuk yang lebih entertaining kayak flashmob. Semua gerakan itu punya kesaamaan yang sama; nyiptain gebrakan  yang ampuh dan ngebuat orang - orang aware sama tau yang mereka bawa, dan secara sadar atau nggak mulai nerima perubahan yang dibawa.

REVOLUSIONARY INVENTIONS
Sekarang ini, revolusi nggak bisa dilepasin dari penemuan atau inovasi baru. Nggak melulu harus teknologi, bisa aja itu inovasi sistem ataupun kebiasaan tertentu.

THE TRANSPORTATION REVOLUTION - GOJEK
Pada dasarnya inovasi dalam bentuk teknologi bakalan ngebantu sebuah pekerjaan menjadi lebih murah dan ringan. Contohnya aja Go-Jek. Pesen ojek via aplikasi ngebantu kita cepet sampe tujuan tanpa harus ngadepin ribetnya naik kendaraan umum, nyari taksi, ataupun nyetir ngelawan macet.

Go-Jek jadi inovasi yang bikin sistem transportasi lebih terintegrasi. Menurut filsuf, Tommy F. Awuy, hadirnya Go-Jek jadi jawaban kerumitan masalah transportasi kita karena punya kecepatan dan efisiensi. Gedenya permintaan akan Go-Jek akhirnya narik banyak ojek konvensional buat ikutan. Selain ngedapetin penghasilan yang lebih gede, secara nggak langsung mereka juga ngalamin revolusi secara sosial. Kalo CEO Go-Jek, Nadiem Makarim, bilang Go-Jek akhirnya ngubah industri informasi dengan revolusi sosial, "Kalo tadinya cuma bisa menjadi ojek, sekarang para driver Go-Jek berevolusi menjadi kurir bahkan personal shopper." Selain itu mereka juga ngedapetin edukasi mengenai SOP (Standar Operasi Perusahaan), gimana make smartphone, dan penghasilan yang lebih baik.

DISRUPTIVE INNOVATION
Nggak jarang sebuah inovasi ngehasilin efek domino. Go-Jek yang lebih menjangkau dan accessible bisa dibilang sebagai  produk disruptive innovation yang ngasih pengaruh ke industri lain, kayak taksi dan ojek pangkalan. Orang yang biasa naik taksi udah nggak risih lagi naik Go-Jek, dan efeknya ojek pangkalan jadi sepi penumpang. Makanya banyak kita denger ojek - ojek pangkalan nentang keberadaan Go-Jek, sampe masang banner 'Ojek Digital Dilaran Lewat' atau ngelakuin hal anarkis. Ini yang disebut sebagai efek domino disruptive innovation yang dianggep sebagai ancaman oleh industri lainnya.  

But then again, tiap perubahan emang ada tantangannya. Sekarang kita udah liat banyaknya pesaing yang muncul dengan sistem Go-Jek, ini berarti industri transportasi udah ngalamin revolusi digital. Sekarang tinggal gimana nindaklanjutin revolusi ini dengan edukasi yang tepat buat ngiapin mental beradaptasi dengan perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar