Senin, 19 Oktober 2015

DO YOU KNOW? BOY'S LITTLE SECRETS!

MUNGKIN KITA NGERASA UDAH TAU BANYAK HAL TENTANG COWOK.
TAPI, ADA BEBERAPA PENELITIAN TENTANG COWOK YANG MUNGKIN
MASIH AKAN BIKIN KITA KAGET.


- WHY THEY CAN'T UNDERSTAND OUR FEELINGS BUT UNDERSTAND FOOTBALL MATCHES?

Riset yang di publikasikan jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences nunjukkin kalo otak cewek dan cowok memang diciptakan berbeda. Pada penelitian memakai diffusion tensor imaging yang bisa nunjukin hubungan antara bagian otak cewek dan cowok. Ternyata, di otak cowok koneksinya emang lebih terpusat pada satu bagian, kanan aja atau kiri aja, dan bergerak dari bagian depan ke belakang. Beda sama cewek yang koneksinya udah antar bagian, dan bergerak dari otak kanan ke otak kiri. Makanya cowok emang bagus di hal - hal yang fokus, kayak logika dan koordinasi, seperti belajar gerakan olahraga atau taktik bola. Tapi kalo udah disuruh multitasking, cewek lebih capable.

MORAL OF THE FACT: Don't send him "codes", tell him exactly what works and what doesn't work for you.

- MEN AND EATING DISORDER

Penelitian yang dilakukan pada April 2014 di Universitas Oxford dan Universitas Glasgow sama 39 orang (10 orang diantaranya cowok), nunjukin kalo banyak kasus eating disorder di cowok yang nggak terdiagnosis dan nggak dapat treatment sebagaimana mestinya. Ini senada sama penelitian sebelumnya dari Field yang ngumpulin data dari tahun 1999 - 2011. Di sana ditemukan kalo 31% dari 5.527 cowok pernah melakukan binging dan purging (muntah), yang merupakan tanda - tanda eating disorder. Ini nunjukkin bukan cewek aja yang bisa menderita eating disorder!
MORAL OF THE FACT: Look for the signs and help them. Bukan nggak mungkin kakak / adik / temen cowok atau pacar kita punya masalah ini.

- BRAIN EFFICIENCY

Studi dari univesitas - univesitas di Los Angeles dan Madrid nunjukkin bahwa ukuran otak cowok ternyata 8% lebih besar dari cewek. Tapi cewek punya lebih banyak koneksi di otaknya, sehingga walau otaknya lebih kecil, tapi bekerja lebih efisien. 

MORAL OF THE FACT: Let's maximize the use of our efficient brain!

- THEY CAN ACTUALLY DIE WHEN THEY'RE NAGGED TO MUCH

Cowok yang terlalu banyak dituntut ini ternyata punya resiko dua kali lebih besar meninggal di usia paruh baya. ini ditemuin sama University of Compenhagen, Denmark, yang meneliti 9.875 cowok dan cewek. Ternyata, stress yang disebabin sama pertengkaran atau kecemasan bisa bikin cowok menderita jantung dan menurunkan sistem imun yang bikin kesehatan mereka memburuk. Faktor pendukungnya adalah karena mereka nggak bisa curhat kalau lagi ada masalah, itu bikin efek stresnya lebih buruk daripada cewek.

MORAL OF THE FACT: Learn to accept your guy just the way he is. Kalo emang nggak bisa diterima akal sehat kita, daripada kita yang stress, better find another guy.

- MONEY & APPEARANCEC ARE THEIR TOP CONCERN

Survey TODAY/AOL Body Image terbaru tahun 2014 nunjukkin, cowok menghawatirkan penampilan mereka lebih dari kesehatan, keluarga, hubungan, atau kerjaan mereka. Sebanyak 53% cowok ngaku mikirin penampilan setidaknya sekali seminggu. Satu - satunya yang bisa ngalahin pikiran mereka tantang penampilan adalah uang, karena 59% cowok mikirin itu setiap minggunya. Survey yang sama juga nunjukkin bahwa 53% cowok nggak suka di foto dan 41% takut otang - orang nge-judge penampilan mereka. Bahkan 8% dari cowok umur 16 - 22 tahun pake suplemen atau steroid untuk mencapai bentuk tubuh yang dipengen.

MORAL OF THE FACT: Nggak usah dicela kalo cowok pake produk pembersih muka, obat jerawat, atau shopping baju, they care about how they look, as much as we do. 

- BOYS AND SEX

Penelitian dari Columbia University nanya ke 33 orang cowok berusia 14 - 16 tahun, dan nemuin kalo seks ukan hal utama yang mereka cari dalam sebuah hubungan. Hubungan yang dekat dan saling mendukung, tempat mereka berbagi perasaan, adalah yang mereka cari dari hubungan sama cewek. Ini bertentangan sama mitos bahwa remaja cowok cuma nyari dan mikirin seks aja. Another data provided by researcher in sweden, ternyata cewek juga mikirin seks, walau cowok yang nonton porn movie (96%) lebih banyak dari cewek (54%).

MORAL OF THE FACT: Support your guy, karena itulah yang paling mereka butuhin dari hubungan yang serius sama cewek. Not sex nor physical connection.

- WHY FAST CARS MEAN A LOT TO THEM

Kalo bingung kenapa cowok suka banget sama mobil keren, ternyata ini ada hubunganya sama fisik mereka. Penelitian yang dilakukan sama Concordia University di Montreal nunjukkin bahwa naik mobil mewah kayak Porsche 911 Carrera Cabriolet bikin hormon tertosteron di tubuh mereka meningkat. Testosteron penting buat cowok, karena rendahnya tingkat hormon testosteron ada hubunganya sama penyakit jantung, diabetes, dan depresi. Waktu 39 cowok disuruh naek Porsche, terstosteron mereka meningkat tajam, terutama pas jalan - jalan di kota dimana ada banyak cewek yang bisa mengagumi mereka. Hahaha, how adorable is that?!

MORAL OF THE FACT: Selagi Porsche dan Lambo masih out of the budget, nggak usah bingung kalo mereka rela beli velg jutaan. Let's think about it as health investment!

- THEY GET ZONED OUT OVER SIGHT OF PRETTY GIRLS

Ternyata cewek cantik bisa banget bikin otak cowok tiba - tiba "zonk". Psikolog di Radboud University di Belanda melakukan riset sama 40 mahasiswa cowok. Hasilnya, cowok yang lagi ngobrol sama cewek yang mereka nggap cantik ngalamin penurunan fungsi otak secara temporer. Katanya, ini karena cowok tersebut lagi make abis - abisan fungsi otak mereka buat bikin cewek cantik itu terkesan, sehingga mereka nggak bisa fokus ngerjain tugas laen. Nggak heran kalo cowok bisa sampe lupa alamat mereka sendiri pas lagi ngobrol sama cewek yang mereka anggep cantik.

MORAL OF THE FACT: Bersiap GR kalo cowok gelagapan ngomong sama kita.

- THEY'RE MORE MEOTIONAL THAN WE THOUGHT

Suka mikir cowok nggak punya perasaan? We might be wrong. Studi yang dilakuin sama Mindlab nunjukkin bahwa ketika 15 laki - laki dan 15 perempuan ditunjukkin foto dan video yang nyenengin, lucu dan heartwarming, ternyata cowok nunjukkin respon emosional yang dua kali lebih kuat dibanding cewek. Respon ini diukur dari elektroda yang di pasang di jari - jari partisipan. Lucunya, pas ditanyain di akhir eksperimen tentang seberapa emosional mereka, cowok bilang mereka nggak emosional. padahal respon fisiknya nujukkin sebaliknya. Menurut penelitian, ini karena di masyarakat kita, cowok nggak 'diizinkan' buat ngekspresiin emosi mereka.

MORAL OF THE FACT: Men are emotional creatures. Cuma aja mereka udah terlatih sejak kecil untuk mengabaikan atau menyembunyikan perasaannya. So don't harsh on them.

- THEY COOPERATE EITH EACH OTHER BETTER THAN US

Penelitian yang dipublikasikan American Psychological Assosication nunjukkin bahwa para cowok bisa bekerjasama lebih baik dengan sesama cowok dibanding cewek dengan sesamanya. Ini terutama kalo nyangkut kepentingan bersama. Analisis dari 50 tahun riset yang dipimpin sama Daniel Balliet dari University Amsterdam ini dilakukan pada 31.642 partisipan di 18 negara, termasuk AS, Belanda, dan Jepang. Katanya sih cowok jago kerjasama dengan cowok laen, dan nggak gitu bagus kerjasama dengan cewek, karena di zaman purba dulu, cowok - cowok emang harus kerjasama buat dapetin makanan dan barang - barang buat bertahan hidup.

MORAL OF THE FACT: Don't understimate the strength of their 'brotherhood'. Together, they can achieve big things.

- MAN AND FOOD

Walau kesanya kerjaan rumah tangga identik sama cewek, ternyata cowok lebih enjoy memasak daripada cewek lho! Menurut penelitian dari allrecipes.com, ternyata 82% cowok lebih menikmati proses nyiapin makanan dibanding cewek yang cuma 75%. Begitu juga sama waktu masak. Sebanyak 57% cowok bersedia buat ngeluangin 40 menit sampe berapa lamapun waktu yang dibutuhkan buat masak, dibanding 52% cewek yang cuma pengen masak antara 0 - 40 menit aja.

MORAL OF THE FACT: Mungkin udah waktunya urusan meja makan diserahkan ke para cowok yang passion-nya cenderung lebih besar di bidang makanan, hehe...

-THEY FEEL THREATENED BY OUR SUCCESS

Penelitian APA Journal of Personality and Sociel Psychology nunjukkin bahwa cowok secretly ngerasa nggak pede pas pacarnya jadi lebih sukses. Ada 896 orang cewek dan cowok yang berpartisipasi di penelitian ini yang dimpin Kate Ratiff, PhD dari University of Florida. Salah satu metodenya dengan ngukur self-esteem para cowok setelah ditunjukkin prestasi pacarnya. Ternyata, cowok sering nganggep kesuksesan pacar sebagai kegagalan pribadi mereka, walaupun sebenernya mereka nggak sedang dalam kompetisi apapun sama pacarnya. Sebaliknya, penelitian juga nemuin bahwa self-esteem cewek nggak terpengaruh dengan kesuksesan atau kegagalan cowok mereka.

MORAL OF THE FACT: Normal kalau cowok terlihat enggan ngomongin kesuksesan kita, tapi deep down dia tau kok kita berhak pursuing our biggest dream. Just have some sympathy for him over this issue.

- MEN'S RELATIONSHIP SATISFACTION

Di kalangan para cowok, ada ungkapan "Happy Wife, Happy Life". Ternyata ada riset yang mendukung ungkapan ini. Penelitian yang dimuat Journal of family Psychology bilang, kepuasan seorang cowok dalam sebuah hubungan, erat kaitannya sama emosi positif yang dia rasain dari pacarnya. Cowok merasa bahagia kalo dia bisa merasakan kebahagiaan pasangannya. Maka itu sebenernya cowok willing to do just about anything that could to make you happy, sayang sering nggak tau gimana caranya.

MORAL OF THE FACT: Kasih tau dia apa yang bikin kamu seneng, and when he did it, show him how happy you are!

- HOW THEY REACT TO PAIN

Cowok bereaksi khusus sama rasa sakit. Larry Cahill, professor dari University of california, nemuin bahwa bagian amygdala di otak cowok yang ngontrol emosi, lebih aktif di bagian "kemarahan". Beda sama cewek yang lebih aktif di area "kontrol emosi" dan "kesadaran diri". Makannya, kalau lagi stres, cowok akan lebih suka nyendiri, sedangkan cewek cerita ke temennya.

MORAL OF THE FACT: Biarkan cowok berdiam diri dulu kalo lagi punya masalah, kalo udah waktunya juga akan cerita.

BOYS WILL BE BOYS?

Cewek dan cowok emang punya kecendrungan yang beda - beda dari segi psikis dan fisik. Kita jago baca perasaan orang dan nginget berbagai informasi, tapi mereka mungkin lebih oke dalam aktivitas fisik dan hal - hal yang berbau logic kayak matematika dan bidang ruang. But they have so many secret that show sometimes we misunderstand them. Cowok jadi bapak rumah tangga? Bisa! Ternyata mereka banyak yang suka masak! Cowok nggak punya hati dan sering matahin hati cewek? Nggak juga, Buktinya mereka understand each other better. Let's compliment each other with our different strengths.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar